Sabtu , 20 Juli 2019
Home » Berita Foto » Sidang Kasus Politik Uang, M Apriyandy Dituntut Tiga Bulan Penjara

Sidang Kasus Politik Uang, M Apriyandy Dituntut Tiga Bulan Penjara

M Apriyandy (baju biru tua), terdakwa kasus dugaan politik uang saat menjalani sidang di PN Tanjungpinang, Kamis (20/6) malam. Ia tampak berbincang dengan penasehat hukumnya. Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – M Apriyandy, terdakwa kasus dugaan politik uang (money politic) pada Pemilu 2019 dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman selama tiga bulan penjara.

M Apriyandy sendiri merupakan seorang Calon Legislatif (Caleg) DPRD Tanjungpinang yang maju melalui Partai Gerindra dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Tanjungpinang Timur pada Pemilu 2019.

Tuntutan tersebut dibacakan pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis (20/6) malam.”Atas perbuatannya, kami memohon agar majelis hakim menghukum terdakwa selama tiga bulan penjara dan terdakwa segera ditahan,” ujar JPU yang dibacakan Zaldi Akri dari Kejari Tanjungpinang.

Tidak hanya hukuman badan, terdakwa juga dituntut JPU dengan hukuman membayar denda senilai Rp 24 juta subsider satu bulan kurungan.

JPU menilai, jika terdakwa melanggar ketentuan sebagaimana yang diatur dalam pasal 523 ayat (1) jo pasal 280 ayat (1) huruf J Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum jo pasal 55 ayat (1) ke-1e KUHPidana.

Atas tuntutan tersebut, terdakwa mengatakan akan mengajukan pembelaan (pledoi) secara tertulis, baik melalui kuasa hukumnya maupun terdakwa.

“Kita akan mengajukan pembelaan,” ujar Hendi Devitra, kuasa hukum terdakwa.

Usai pembacaan tuntutan, sidang yang dipimpin majelis hakim Acep Sopian Sauri ini akan dilanjutkan Jumat (21/6) besok dengan agenda mendengarkan pembelaan dari terdakwa.

Sekadar diketahui, selain M Apriyandy, ada dua lagi yang juga menjadi terdakwa dalam kasus ini yakni Agustinus Marpaung dan Yusrizal. Keduanya disidangkan secara terpisah. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *