Jumat , 24 Mei 2019
Home » Daerah » Aceh » Aceh Utara » Sosialisasi dan Pembentukan TPID Kecamatan Dewantara

Sosialisasi dan Pembentukan TPID Kecamatan Dewantara

Tim Sosialisasi

Dewantara, sidaknews.com – Dalam rangka mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan, Tim Pelaksana Inovasi Desa Aceh Utara melakukan sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) dan Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Dewantara di Balai Desa Kecamatan Dewantara, Kamis (26/10/2017).

Sosialisai Program inovasi desa, yang diadakan dikecamatan Dewantara dibuka langsung oleh Camat Amir Hamzah. Ada 15 Desa yang ada di Kecamatan Dewantara siap menjalankan Program Inovasi Desa (PID) sesuai rancangan.

Garis besar dari program inovasi desa ini ialah penguatan dan pengembangan pemanfaatan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada pemerintah desa. Adatiga bidang yang mencakup program inovasi desa ini yaitu, pengembangan ekonomi desa, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang bersifat inovatif.

Kegiatan ini dihadiri Muspika Dewantara, Kades, unsur BPD, tokoh masyarakat dan perwakilan perempuan.

Muhammad Ismail salah seorang tim ahli dalam sosialisasi tersebut mengatakan, Program Inovasi Desa (PID) ini sangat membantu bagi desa dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan dana desa.

“Program yang digagas oleh Kemendes ini sangat bagus, karena dalam PID ini nantinya pemerintah desa dapat menciptakan inovasi-inovasi baru terhadap optimalisasi pengelolaan dana desa”, paparnya.

Dalam penerapannya, PID ini lanjutnya akan di bentuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) agar dapat mendampingi program ini.

“Setelah terbentuknya TPID untuk wilayah Kecamatan Dewantara, pihaknya akan memberikan pembekalan agar Tim ini benar-benar dapat mendampingi Program Inovasi ini”, ujar Muhammad.

Dia berharap kepada Kepala Desa yang hadir, kedepannya melalui Program Inovasi Desa (PID) ini pengelolaan Dana Desa tidak hanya terfokus pada kegiatan infrastruktur saja akan tetapi juga di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Sesuai dengan putusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 83 tahun 2017 tentang Pedoman Program Inovasi Desa (PID) targetnya tidak hanya melakukan inovasi dibidang Infrastruktur, tetapi juga meliputi bidang kewirausahan, pengembangan ekonomi lokal, dan Sumber Daya Manusia (SDM)”, Jelas Muhammad.

Usai kegiatan sosialisasi PID, acara dilanjutkan dengan musyawarah pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) yang dipimpin Camat Dewantara, Amir Hamzah disepakati oleh peserta yang mewakili unsur tokoh masyarakat, perwakilan perempuan dari masing-masing desa melalui mekanisme voting suara.

Adapun TPID Kecamatan Dewantara yang telah terbentuk, Yuhelmi Yunus, Msc selaku Ketua, Bendahara, Susi Yuliana dengan anggota masing masing, Marzuki H Cut, Nurul Fatmi, Rosmiyati, Muhammad Yunus dan Fuadi.

Tim Pelaksana Inovasi Desa yang sudah dibentuk diharapkan dapat berjalan efektif dan memberi kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat desa.

“Program ini diharapkan dapat berjalan efektif dan bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat di desa, sehingga apa yang menjadi keinginan pemerintah dari pengelolaan Dana Desa ini dapat tercapai” kata Camat Dewantara Amir Hamzah. (Mahdi/Ucr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *